Pabrik Jempana. Pabrik Yang Sudah Berubah



pada masih hari yang sama dengan mencari pabrik sumur pitu, saya sempatkan bertanya karena waktu mencari lupa namanya jadi pake nama pabrik belanda dan ibunya memberi tau pabrik sumur pitu apa jempana. lah saya gak tau kalau daerah sini banyak pabrik belanda tapi saya perioritaskan sumur pitu dulu baru jempana. kalau disuruh ngasih tau dimana alamatnya saya gak tau kayaknya masih masuk surokonto tapi kampungnya jempana. 


setelah saya mengunjung sumur pitu saya lanjutkan ke jempana dengan masuk ke kampung jempana dengan jalan kecil di sepanjang jalan saya terus menanyakan jalan dan masih lurus terus. pengunjung jalan mentok hanya menemukan kebun karet yang cukup luas 


dikebun karet kami hanya mencari orang untuk bertanya dimana letak pabrik belanda, saya menemukan dua petani sedang mencari rumput mungkin mereka sepasang suami istri.
“maaf pak saya mau nyari pabrik belanda’’
‘’lah mas berdua ini sudah ada di pabrik belanda’’

lah makin bingung saya karena sudah jelas saya ada di kebun karet bukan dipabrik belanda, setelah dijelaskan kalau dulu disini pabrik belanda. kalau gak salah pabrik pala, kalau saya salah nanti saya koreksi
ada tulisan pala

pabrik ini berubah menjadi perkebunan saat pabrik ini udah bangkrut dan dibeli oleh orang Jakarta dan dijadikan perkebunan karet. bapak ini bercerita disini ada juga rumah dinas ada banyak dan sudah diruntuhkan semua, aku pun diberi liat 
dulu rumah dinas disini

entah saya berpikir apa sampe bertanya dimana letak makam belanda, karena jarang ada makam di dekat pabrik. binggo ternyata bapak itu tau dimana letak makam belanda dan menunjukan kembali. saat aku melihat makamnya sedikit kaget karena hanya ada dua lubang. hanya lubang doang berbeda dengan pageruyung yang masih terlihat bentuknya ini Cuma lubang doang
makam belanda

beliau ber cerita bahwa dulu makam ini berbentuk pajang dan nisannya tebuat dari marmer, waktu tak tanya nama orang yang dikuburkan beliau sudah lupa. semua berubah saat ada kabar bahwa orang belanda memakamkan jenasah dengan harta bendanya makanya terjadi perusakan terhadap makam tersebut

ini tempat kedua yang pemakaman belanda hancur karena isu tersebut, sama dengan yang di pageruyung penjarahan ini tidak membuahkan hasil yang didapat hanya tulang. tempat ini sudah tak adalagi yang terisa bahwa ini dulu pabrik
“pak hanya ini yang tersisa dari pabrik, apa gak ada sisa yang menggambarkan ini pabrik”
“ada mas disana ada bekas cerobong”
cerobong pabrik

saya
dengan bahagia saya mendapatkan siasa bangunan yang menyatakan disini dulu pabrik, cerobong disini lumayan tinggi sekitar 10-12 kayanya dengan bagian bawah berlubang dua. saya juga sudah berusaha mencari data di tropen sama kitlv tapi yang ada Cuma pg cepiring Kendal
lubang pembakaran

sekian dari tulisan saya terimakasih sudah membaca. ada dua pabrik lagi yang akan yang saya bahas akan saya share di post selanjutnya

Comments

  1. Jadi unik gini ya ada cerobong bekas pabrik gula di tengah kebun karet. Brarti makam yang sudah lubang itu sudah dipindah sama keturunannya ya?
    Lanjutken petualanganmu, bro. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang unik mas halim. kalau gak salah gak dipindahin cuma dikuburkan kembali tulang belulangnya ditempat yang sama. ok siap

      Delete
  2. Wahhh keren banget penelusurannya.. beruntung banget jg bs ketemu si bapak yang sedikit paham sama sejarah pabrik disitu yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak beruntung banget ketemu bapaknya. kalau gak ketemu mungkin saya kesusahan dalam menemukan makam, crobong dan sisa bangunan, dan juga sejarahnya

      Delete

Post a Comment