Situs Seberuk, Arca Nandi dan Mbah-mbah Pencuci Baju



sumber mata air menjadi salah satu sumber kehidupan masa lalu dan masa kini, dahulu sumber mata air sangat di hormati dan dijaga untuk kelangsungan hidup manusia. hampir di setiap mata air di pulau jawa ditemui bekas tinggalan masa lalu seperti candi maupun arca, tapi hampir semua arca dan candi hilang. di sebagian daerah masih menggunakan untuk mandi cuci ataupun sumber mata air sudah dimiliki oleh perusahaan swasta dan perusahaan daerah.
Arca Nandi dan Dwarapala

masih di Kendal lebih tepatnya di sukorejo saya dan handi berhasil menemukan sebuah situs sejarah di deket pasar. kami pun tidak tau nama dari situs ini jadi kami namakan sesuai dengan nama kampung yaitu Situs Seberuk. tinggalan yang tersisa sebuah nandi yang sudah tepenggal kepalanya dan satu arca dwarapala tapi buatan baru, nandi adalah lembu yang menjadi Wahana dewa Siwa dalam mitologi Hindu.
Lokasi Situs

saya ingin memfoto arca itu tapi sedikit segan karena banyak warga yang nyuci dan juga mandi, banyak mbah-mbah juga yang mandi takutnya aku foto arca dikira foto beliau. air nya terasa dingin karena berasal dari mata air langsung. saya mencari informasi dengan bertanya dengan si mbah yang sedang mencuci pakaian, beliau berkata arca ini tinggalan jaman dahulu dan tahun 80an masih berjumlah dua sekarang yang asli hanya patung nandi itupun kepala nandinya putus dan patung orang buatan baru tahun 2009.
Arca Nandi Dari Depan


sekian sedikit cerita dari Kendal terima kasih sudah membaca

Comments

  1. Waduh, semoga Dinas Purbakala mengetahui keberadaan situs ini

    ReplyDelete

Post a Comment