Pemandian Sangubanyu, Pemandian Air Panas Dipinggir Sungai

Pada dasarnya saya sangat suka dengan air panas, saat berkunjung ke temenku saya selalu sempatkan bertanya apakah di sekitar sini ada pemandia air panas begitupun saat di Kendal. karena sukorejo adalah kecamatan diatas gunung otomatis saya berhasrat untuk berendam air panas, di Kendal ada pemandian air panas ngelimut di kecamatan boja. bukan maksud gak mau tapi di nglimut sudah cukup terkenal, saya hanya ingin pemandian yang belum terkenal. dipilih lah pemandian sangubanyu di kecamatan bawang tapi itu bukan Kendal lagi melainkan masuk kabupaten batang, jarak dari sukorejo menuju bawang sangat deket Cuma 30 menit jadi yang kupilih pemandian sangubanyu.
Batuan kali dan gazebo

Pemandian sangubanyu ini dikenal karena ada pesanggrahan bawang yang sudah ada saat belanda dan ada foto kunonya di tropenmuseum yang akan saya bahas nanti, yang sekarang pesanggrahan itu berubah menjadi penjara anak-anak badung kalau gak salah. 
jembatan

Pertama datang kita disambut banyak rumah belanda dan ada yang terpakai maupun yang sudah rusak, parkir di deket penjara dan bayar Cuma 2000. perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri bagan luar penjara dan diteruskan melalui jembatan yang dibawahnya sungai lagi cukup deras karena hujan, di ujung jembatan terlihat sebuah loket pembayaran masuk pemandian yang hanya 3000.
sumber mata air panaas


Pemandian ini pas dipinggir sungai yang memisahkan kabupaten Kendal dan kabupaten batang. ada 3 kolam pemandian ari panas, 2 tertutup dan 1 terbuka (untuk yang tertutup dipisah antara laki dan perempuan dan yang terbuka untuk umum). cukup hangat menurut ku di pemandian ini sekitar 40 derajat apalagi habis hujan dingin ketemu hangat rasanya nikmat.
pemandian tertutup untuk wanita

Untuk urusan kamar mandi disini ada dua kamar kalau penuh ya gantian. tempat istirahat ada satu bangunan doang waktu hujan saling berebutan. rumah makan ada beberapa kios dan buka semua tiap hari. disini hany sampai sore aja kalau menjelang malam gelap karena gak ada lampu penerangan yang memadai. dapat dimaklumi karena renovasi pemandian ini swadaya oleh warga .
kolam dalam ruang tertutup oleh galeri photo kab batang

Saya sarankan kesini jangan menjelang magrib karena banyak anak muda begajulan jadi lebih baik hanya sampai jam 5 dan pulang. waktu itu saya disni agak lama karena kejebak hujan dan banyak anak muda yang membawa pasangan dan berendam di kolam tertutup pada hari sudah gelap. 
pemandian di tempat terbuka oleh galeri photo kabupaten batang

 
kamar mandi

pengunjung di pemandian

Disini saya ambil beberapa foto dari website lain karena batre kamera habis ditambah terlalu asik berendam. sekian tulisan saya terimakasih sudah membaca.
    

Comments

  1. Tempat permandian air panas begini juga dipercaya untuk menyembuhkan penyakit. Semoga benar. Namun berendam saja sudah segar rasanya, kalau sembuh dari penyakit pasti bonus. Cuman jauh ya di Kendal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berendam memang segar mas, tapi saya kadang gak kuat dengan uapnya hahaha. memang jauh sih mas tapi menyenangkan kalau liburan

      Delete
  2. Pemandian Air Panas Sangubanyu menawarkan tempat rekreasi alami dan cocok buat kamu yang mau berendam di air panas di area Batang

    ReplyDelete

Post a Comment